5 Kesalahan Yang Sering Dilakukan Oleh Seorang Pengusaha

Berikut adalah kesalahan yang sering dilakukan oleh pengusaha baik pemula maupun existing khususnya masa bisnis kurang dari 2 tahun :

1.   Goals Berbisnis Belum Jelas

Coba Anda gali secara lebih detail dan jawablah beberapa pertanyaan berikut :
  • ·    Apa alasan Anda memulai bisnis sendiri?
  • ·  Apakah karena status Anda tidak pengangguran atau bagi Anda yang berstatus karyawan ingin pendapatan yang lebih besar dari yang didapat saat ini?
  • ·     Agar Anda memiliki waktu lebih banyak bersama keluarga?
  • ·      Atau karena Anda tidak ingin diperintah orang lain?

     Jika Anda mengangguk atas pertanyaan-pertanyaan diatas, ada baiknya Anda renungkan kembali.

2.   Visi Bisnis Berjangka Pendek
Masing-masing orang memiliki visi bisnis berbeda-beda. Visi menunjukkan jangka waktu sebuah bisnis. Apakah Anda memutuskan berbisnis cukup untuk diri Anda sendiri atau dapat diteruskan ke anak bahkan cucu Anda? Kebanyakan orang saat memulai bisnis selama usia bisnis semampunya saja untuk bertahan. Anda dapat bandingkan dengan bisnis yang dapat diteruskan ke generasi selanjutnya. Biasanya tingkat fokus dan daya tahan dalam menghadapi berbagai tantangan terutama pada masa sulit jauh lebih tinggi dibanding mereka yang belum jelas seberapa panjang visi dalam berbisnis.

3.   Belum Paham Mastery Bisnis
Bisnis dapat dilakukan siapa saja, tidak peduli latar belakang pendidikan atau keluarga yang sudah berbisnis atau belum. Ilmu bisnis yang terbaik adalah saat Anda berada dilapangan, namun bukan berarti Anda tidak memerlukan pengetahuan yang cukup soal bisnis. Kesalahan yang sering dilakukan pengusaha pemula tidak menguasai mastery bisnis. Mastery bisnis meliputi time, team, money dan delivery.

4.   Lebih Menjadi Seorang Specialist Ketimbang Generalist
Mungkin Anda seseorang yang handal dalam memasak atau handal dalam memperbaiki otomatif tetapi tidak punya waktu untuk berperan sebagai sales dan marketing. Syarat mutlak bagi seorang pebisnis adalah handal dalam hal general. Kesalahan yang dilakukan sebagian besar orang adalah bertindak menjadi specialist.


5.    Berhenti Belajar
Menjalankan bisnis sama menyenangkannya dengan berada dalam sebuah permainan. Dibutuhkan daya kreativitas yang tinggi, ulet dan fun. Bagaimana Anda dapat menguasai lapangan jika Anda tidak fun? Untuk menang dalam sebuah permainan seseorang harus belajar mengenali potensi diri sendiri, potensi lawan dan menguasai arena permainan. Kesalahan yang banyak dilakukan seorang pengusaha yang sudah menjalankan bisnis adalah berhenti belajar. Seorang entrepreneur muda sukses, Brad Sugars mengatakan “Anda harus belajar sebelum mendapatkan apa yang Anda inginkan”. Seorang pengusaha jangan lupa, bukan ia yang menjalankan bisnisnya tetapi orang-orang yang bekerjalah yang menjalankan bisnisnya. Dalam hal ini, seorang pengusaha dituntut mampu menciptakan suasana kerja yang kondusif dan menyenangkan agar target sales tercapai. Indikasi utama seorang pengusaha berhenti belajar adalah profit yang tidak memuaskan alias merugi.
..
Jadi belajarlah dari mereka yang sudah sukses menjalankan bisnis, atau melalui berbagai macam cara. ProfitMASTERS adalah salah satu dari sekian banyak perangkat bisnis yang penuh dengan tools hingga interview dengan orang-orang hebat dan sukses dibisnisnya masing-masing. Pilihan ada di Anda.

Sumber : https://mesinprofit.wordpress.com/2013/06/21/5-kesalahan-fatal-yang-sering-dilakukan-seorang-wirausaha/


Komentar

Postingan Populer